Manfaat Tomat Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Manfaat Tomat Mengurangi Resiko Kanker Prostat – Kanker prostat merupakan salah satu masalah yang terjadi pada kesehatan terutama pada para pria. Kanker prostat adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya bagi kesehatan pria karena jika kanker ini sudah parah maka dapat mengakibatkan kematian. Pada dasarnya semua pria berisiko mengidap kanker prostat seiring dengan bertambahnya usia, namun hal ini bisa kita hindari atau cegah apabila saat kita masih muda selalu merawat dan menjaga kesehatan dengan baik. Di negara besar seperti amerika saja, kanker prostar ini merupakan pembunuh nomor lima terbanyak dan biasanya menyerang para pria yang berumur sekitar 50 tahun keatas. Masalah kesehatan yang satu ini sangat menakutkan bagi kaum pria karena kanker prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi, jadi kanker prostat ini bisa menyerang area sekitar alat kelamin pria. Hal inilah yang membuat kanker prostar menjadi sangat berbahaya bagi para pria.

Prostat sendiri dapat membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika seorang pria mengalami ejakulasi, maka prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan dengan sperma dan bisa disebut dengan nama air mani. Ada banyak cara yang dapat kita usahakan untuk menurunkan risiko kanker prostat ini, salah satu cara yang baik untuk mengurangi risiko kanker prostat adalah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur segar tertentu.

tomat

Dengan mengubah pola hidup dan memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat maka kita bisa mengurangi risiko kanker prostat secara alami. Kanker prostat ini biasanya baru akan muncul saat kita beranjak tua dan hal ini sangat berpotensi menimbulkan kematian jika tanpa ada penanganan apapun. Maka dari itu cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker prostat di mulai dari saat kita masih muda. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur tertentu, dan buah yang baik untuk mengurangi risiko kanker prostat adalah tomat

Tomat merupakan salah satu jenis dan sayuran yang dikemas dengan antioksidan, serat makanan dan vitamin yang baik bagi kesehatan. Tomat memiliki serat makanan dan protein, serta sejumlah senyawa organik seperti lycopene yang juga berkonstribusi terhadap manfaat kesehatan tubuh. Tomat ini merupakan sumber yang kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan kanker seperti kanker prostat. Lycopene dalam tomat dapat membantu melawan kanker dengan alami. Salah satu nutrisi tomat kunci yang telah menerima fokus khusus dalam pencegahan kanker prostat adalah alpha-tomatine. Alpha-tomatine adalah phytonutrisi saponin dan itu menunjukkan kemampuan untuk mengubah aktivitas metabolisme dalam mengembangkan sel-sel kanker prostat. Pria yang mengkonsumsi tomat lebih dari 10 buah setiap minggunya dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat sebesar 20%.

Buah tomat sangat bermanfaat untuk mencegah kanker prostat karena kandungan likopen di dalam-nya. Likopen sendiri mengandung senyawa antioksidan yang dapat melindungi terhadap DNA dan juga kerusakan sel. Banyak manfaat kesehatan dari tomat yang dapat dikaitkan dengan kekayaan nutrisi dan vitamin, termasuk jumlah yang mengesankan dari vitamin A, C, dan K, serta sejumlah besar vitamin B6, folat, dan thiamin. Tomat juga sumber yang baik dari potassium, mangan, magnesium, fosfor, dan tembaga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s